Tips Memilih Bahan Pewangi yang Tepat

Manusia secara alamiah menyukai aroma wangi, namun jenis wangi yang disukai bisa jadi berbeda pada setiap individu. Tak heran, wewangian kerap dijadikan magnet aneka produk untuk memikat hati konsumen agar mau membelinya. Kita pasti kerap memilih produk sabun, body lotion, shampo karena suka dengan wanginya.

Apabila Anda sedang memproduksi produk-produk yang memerlukan bahan pewangi maka pikirkan masak-masak jenis pewangi yang akan Anda pakai.  Pertama-tama, memilih bahan pewangi apakah menggunakan bahan pewangi alami alias essential oil atau bahan pewangi sintetis alias fragrance oil. Selanjutnya, tentukan jenis aroma yang sesuai dengan produk yang Anda buat, semisal sabun mandi biasaya identik dengan kesegaran seperti aroma buah dan bunga. Sedangkan pembersih lantai biasanya memakai aroma buah dan herba yang kuat. Lain lagi dengan pengharum ruangan, jenis aromanya lebih bervariasi mulai dari buah, bunga, rempah hingga musk.

Ada pula jenis bahan pewangi yang tidak identik dengan wewangian alami tumbuhan. Untuk jenis ini variasi aromanya teramat banyak, beda pabrikan biasanya beda pula aromanya. Wewangian jenis ini biasa digunakan untuk parfum, kosmetik, pengharum ruangan dan aneka produk lainnya.

Setelah menemukan jenis yang sesuai, tinggal mencampurnya kepada bahan dasar produk Anda. Dosisnya biasa antara 0, 5%- 1%. Namun pada produk-produk yang memerlukan wangi kuat seperti sabun cuci piring atau pembersih lantai dosisnya bisa sampai 5%. Pada dasarnya dosis pewangi tergantung pada seberapa kepekatan aroma yang Anda inginkan, sehingga tidak ada aturan baku. Hanya saja, pemakaian bahan pewangi pada produk perawatan wajah sebaiknya tidak lebih dari 1% guna menghindari resiko iritasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.