Cara Membuat Sabun Natural

Produk perawatan tubuh dari bahan alami kini sedang digemari, salah satunya adalah sabun natural (natural soap). Disebut sabun natural karena bahan dasarnya menggunakan minyak nabati yang berasal dari tumbuhan. Seperti halnya produk alami lainnya sabun natural tidak meninggalkan residu bahan kimia pada kulit, selain itu bahan minyak nabati pada sabun natural bermanfaat menutrisi dan melembabkan kulit.

Sementara sabun komersial yang ada di pasaran menggunakan bahan deterjen yakni sodium lauryl sulfate yang berfungsi membersihkan kotoran termasuk menghilangkan lemak kulit yang berfungsi melindungi kulit, akibatnya kulit menjadi kering.

Membuat sabun natural relatif mudah, asalkan Anda berhati-hati saat menggunakan bahan NaOH atau KOH yang bisa membuat kulit melepuh. Tips lainnya, gunakan timbangan digital untuk mendapatkan komposisi bahan yang akurat dan panaskan minyak nabati sekitar 10OC lebih panas dari suhu akhir yang diinginkan, sehingga ketika nanti dicampur dengan NaOH suhunya telah sama.

Yuk, simak cara pembuatannya berikut ini:

Bahan-Bahan:

1. 235 gr Minyak Zaitun
150 gr Minyak Kelapa
100 gr Minyak Sawit
74 gr NaOH (Caustic Soda) + 210 g Air Aquadest
10 cc pewangi

Cara Membuat:

1. Panaskan minyak nabati sampai pada suhu sekitar 75OC ( lebih 10OC dari hasil akhir yang diinginkan yaitu 65OC).

2. Taruh air aquadest di dalam wadah kaca tahan panas atau stainless steel, lalu aduk sambil dituangi NaOH sedikit demi sedikit dan terus aduk sampai tercampur. Setelahnya larutan akan menjadi panas dan berwarna keputihan, simpan di tempat aman hingga larutan menjadi jernih dan mendingin sampai sekitar 65OC.

3. Tempatkan minyak nabati yang telah dipanaskan dalam mangkuk besar. Ketika suhu minyak dan larutan alkali mencapai suhu yang hampir sama, lalu tuangkan larutan alkali ke dalam minyak dan aduk hingga tercampur sempurna. Pengadukan dilakukan hingga tercapai keadaan trace yakni adonan mengental seperti fla.

4. Tambahkan pewangi atau pewarna jika suka. Anda bisa memakai pewangi alami atau pewangi buatan. Klik di sini untuk mendapatkan essential oil pewangi sabun natural dan klik di sini untuk mendapatkan fragrance parfum pewangi sabun natural.
Note: Essential oil memiliki khasiat aromaterapi, baik dari wanginya maupun zat aktifnya, yang dapat meregenerasi kulit namun harganya relatif mahal. Sementara fragrance parfum harganya lebih murah namun terbuat dari bahan kimia dan hanya bisa menduplikasi wangi essential oil tanpa memberi khasiat aromaterapi.

5. Masukkan adonan sabun ke dalam cetakan, dan diamkan hingga stabil selama 24-48 jam. Kemudian keluarkan sabun dari cetakan untuk dipotong-potong, lalu diamkan selama 4-6 minggu sebelum digunakan untuk menghilangkan bahan alkali dari sabun.

Oya, selama pengolahan NaOH sebaiknya memakai kacamata dan masker pelindung supaya aman. Dan jangan lupa menggunakan sarung tangan selama proses pembuatan sabun natural ini. Nah, selama mencoba!

Sumber: soapmakersdiary, cranberrylane

Foto: awesome soap & candle companies